Get Adobe Flash player
Online Marketing
Artikel & Berita

Rawai Tuna/Long Line

Alat tangkap yang banyak digunakan untuk menangkap ikan tuna di perairan lepas pantai salah satunya adalah rawai tuna (tuna long line).

Konstruksi

Konstruksi tuna rawai tuna (long line) yang umum dioperasikan di Indonesia dewasa ini adalah long line dengan sistem, arranger, sistem seperti ini Iebih banyak resikonya dibandingkan dengan sistem lama, kerena tidak boleh terlambat mengangkat branch line. Jumlah mata pancing diantara pelampung berjumlah antara 15-19 mata pancing, jumlah pelampung dalam satu set long line berkisar antara 90-110 buah dan main line/tali kapal yang digunakan adalah polyester atau kuralon. Tali kapal yang banyak dipakai saat ini yaitu tali kapal nylon  jenis tali tersebut di produksi dan di jual di Indojava.

 

Metode pengoperasian

Pemasangan pancing (setting) dilakukan sesuai dengan kebiasaan nelayan atau disesuaikan dengan kondisi perairan. Lama perendaman pancing selama 5-8 jam. Pemasangan atau penurunan pancing (setting) dilakukan dari bagian belakang kapal (bagian buritan), sedangkan pengangkatan (hauling) dilakukan dan bagian depan kapal (bagian haluan)

Daerah penangkapan

Daerah penangkapan yang terbaik adalah di daerah penangkapan yang sebelumnya sudah diketahui adanya keberadaan ikan cakalang Biasanya di perairan lepas pantai yang menjadi tempat ikan tuna.

Untuk ikan tuna jenis southern bluefin berada di selatan Jawa (Samudra Hindia), untuk tuna jenis albacore, yellowfin, bigeye dan longtail hampir menyebar mulai dan perairan Indonesia bagian Utara sampai ke selatan.

Musim penangkapan

Musim penangkapan sepanjang tahun.

Pemeliharaan alat

Pemeliharaan alat tangkap sebaiknya setelah alat dipakai dicuci dengan air tawar, bagian yang rusak diperbaiki, dikeringkan di tempat yang tidak kena sinar matahari secara langsung dan disimpan ditempat yang bersih.

Pengadaan alat dan bahan jaring

Alat dan bahan jaring bisa diperoleh di semua toko perlengkapan nelayan di lokasi terdekat.

Kisaran harga satuan peralatan

Kapal tuna long line bisa mencapai ratusan juta rupiah. Satu set pancing long line berkisar antara Rp. 6,000,000-10,000,000.- atau tergantung besar kecilnya alat.

  • Komponen Rumpon
    Komponen Utama Sebuah Rumpon 1. Pelampung a. Mempunyai kemanpuan mengapung yang cukup baik (bagian yang mengapung diatas air 1/3 bagian) b. Konstruksi cukup kuat c. Tahan terhadap gelombang dan air d. Mudah dikenali dari jarak jauh e. Bahan pembuatnya mudah didapat 2. Pemikat / Atraktor a. Mempunyai daya pikat yang baik terhadap ikan b. Tahan […]
  • Rumpon / Payous
    Rumpon merupakan salah satu alat bantu untuk meningkatkan hasil tangkapan dimana mempunyai kontruksinya menyerupai pepohonan yang di pasang (ditanam) di suatau tempat di perairan laut  yang berfungsi sebagai tempat berlindung, mencarai makan, memijah, dan berkumpulnya ikan. Sehingga rumpon ini dapat diartikan tempat  berkumpulnya ikan  di laut, untuk mengefi […]
  • Habitat Rumpon
    Ikan dalam arti sebenarnya adalah makhluk hidup / binatang bertulang belakang yang selama hidupnya (hidup) di dalam air, bernafas dengan insang, berdarah dingin, bersisik / tidak, dan bersirip (berpasangan dan tunggal). Ikan-ikan yang hidup di sekitar  rumpon ada yang hidup dipermukaan (pelagis), ada juga yang hidup di dasar periran (demersal)  ikan yang hid […]
  • Purse Sein
    Purse seine untuk ikan sardin dan ikan pelagis kecil yang lain untuk kapal dengan panjang keseluruhan 10 meter (PAJOT FAO) Catatan: Pada purse seine berukuran kecil. dimana tali kolor (purse line) tidak digulung pada drum, tali kolor dapat diikatkan pada tali pelampung. Purse seine : Ukuran minimal ukuran mata jaring, ukuran benang Panjang dan dalam […]